Peluang Berkembang Wirausaha Di Indonesia

 

waralaba dan UKM di indonesia
sejak enam tahun terakhir,waralaba tumbuh 35%dan pada tahun 2014 menjadi 2.250 waralaba.dari jumlah itu baru 291 pewaralaba yang telah memiliki surat tanda pendaftaran waralaba.

Bagaimana dengan peluang berkembangnya wira usaha di indonesia”.Pertumbuhan usaha bidang waralaba di indonesia hanya 9% per tahunnya dalam jangka 5 tahun.Thun ini jumlahnya mencapai 2000 usaha.Namun ,usaha yang benar – benar berkembang menjadi wara laba hanya sebanyak 3% dari jumlah 2000 usaha .

Hal ini terjadi karena para pelaku usaha yang merintis waralaba kurang mengetahui dan mendalami inti dari waralaba itu sendiri,banyak pelaku usaha itu bermunculan tiap tahunnya,Namun, sebagaian pengusaha itu terhenti di tengah jalan karena belum memahami dan kurang matang dalam menimba ilmu dalam berbisnis.Dan di sisi lain ,ada usaha yang sangat mudah berkembang ,tetapi tidak bisa meningkat menjadi waralaba.

Kendala banyak faktor ,dari permodalan ,dan benar – benar focus pada waralaba .Kalau ingin meningkatkan usaha itu menjadi waralaba, usaha itu harus memiliki kekhasan or uniq dalam produck mereka dan terbukti menguntungkan.Pelaku usahanya sendiri harus memiliki jiwa wirausaha yang bener – bener ulet , tangguh ,jangan takut gagal terus berinovasi.

Diharapkan pemerintah tidak tinggal diam, tapi memberi kan pendamping , memberikan modal usaha , pelatihan memgelola usaha, dan menanamkan jiwa kewirausahawan.Sementara itu pewaralaba yang sudah matang dan maju usahanya di arahkan untuk bisa menjadi usaha industri bukan UKM lagi.Artinya pewaralaba benar – benar merupakan format bisnis,bermacam – macam usaha dan jasa yang mempunyai kekhasan or ciri khas,merek dagang dan sistem dagang.

Tren yang berkembang akhir – akhir ini terbanyak pada usaha waralaba ,makanan dan teknologi multimedia.Berdasarkan data Kementerian perdagangan dan AFI,omset waralaba pada tahun 2014 sebesar RP 172triliun.

sejak enam tahun terakhir,waralaba tumbuh 35%dan pada tahun 2014 menjadi 2.250 waralaba.dari jumlah itu baru 291 pewaralaba yang telah memiliki surat tanda pendaftaran waralaba.

Wira Usahaan Di bIdang Waralaba:

Akomodasi Dan Biro Perjalanan  :16

Apotek dan laboratorium              :7

Jasa otomotif dan aksesoris         :14

Agen dan property                         :3

Klinik kesehatan dan kecantikan :22

Kursus pendidikan                         :54

Penatu dan kebutuhan rumah     :19
tangga

Makanan dan minuman               :209

Pengiriman, percetakan,              :23
dan pendukung bisnis

Penyewaan, multimedia dan      :14
hiburan

Ritel dan perdagangan umum    :26

Salon, busana, dan                        :22
aksesorispakaian

Dan jumlah waralaba asing yang ada di indonesia sebanyak : 256

Tahun ini Kemendag menargetkan peluang usaha dan UKM yang menjadi waralaba menjadi 50 usaha.Dan dari departemen kementerian perdagangan telah mempromosikan waralaba ke luar negeri melalui pameran dan misi dagang.

Leave a comment