Buah Mangrove Dapat Di Buat bahan Pengawet Makanan

 

buah mangrove sebagai bahan pengawet makanan
buah mangrove sangat berguna untuk banyak hal, salah satunya bisa dibuat sebagai bahan pengawet makanan
Mangrove bukan hanya sebagai tumbuhan penghalang , abrasi dan erosi air laut, tapi buahnya juga , bisdi buat campuran  berbagai olahan kue, pudding, dan  satu lagi sangat berguna untuk bahan pengawet makanan, berbahayakah? Tidak juga karena, karena dari hasil penelitian tumbuhan tersebut , buah mangrove merupakan bias di buat sebagai bahan pengawet makanan.

Sekitar 70% jajanan  yang di jual di Indonesia  mengandung bahan pengawet berbahaya, salah satunya  bakso yang mengandung formalin. Formalin adalah zat berbahaya  dan tidak berwarna baunya yang sangat tajam, yang biasa di gunakan sebagai untuk mengawetkan mayat.

efek dari penggunaan bahan pengawet jenis formalin sebagai bahan pengawet makanan memang tidak langsung terlihat  dalam jangka waktu dekat, tetapi dalam jangka waktu  tertentu , efek formalin itu akn terasa dan terlihat karena dapat merusak ginjal serta gangguan dalam tubuh kembang anak.  Selain dapat merusak ginjal dan tubuh kembang anak zat aktif  dapat mengganggu pembentukan sel darah dan dapat menimbuklkan penyakit kangker  di kemudian hari. Untuk itu perlu di upayakan suatu terobosan  untuk mencegah banyaknya jajanan sekolah yang mengandung bahan pengawet kimia berbahaya.

Cara Pembuatannya

>Caranya sangat mudah. Pertama kita siapkan daging, tepung kanji, 3 buah mangrove yang sudah di haluskn dengan 1 gelas air,  akan tetapi andai ingin membuat , campurlah semua bahan lalu tambahkan cairan buah  yang sudah di saring ke adonan bakso.

Kandungan pengawet bakso dari buah mangrove menurut hasil penelitian dan konsultasi industry Surabaya mengandung forma-1dehida, mg/100 gram sebesar 0,5.

data yang di peroleh dari penelitian ini bersifat kualitatif dan kemudian di deskrepsikan, bahwa buah tanaman mangrove aman sebagai bahan pengawet makanan.data menunjukan bahwa untuk mendapatkan hasil hasil yang lebi baik dalam membuat pengawet makanan dari buah mangrove sebiknya menggunakan 81/2 tetes ekstrak buah mangrove.

Penggunaan buah mangrove sebagai pengawet bakso kualitas lebih baik dan lebih aman dari pada menggunakan bahan kimia formalin. Karena pengawet alami ( ekstrak buah mangrove) dapat diurai oleh sel sel tubuh tanpa kuatir efek penyakit yang menggerogoti tubuh kita di kemudian hari.

Leave a comment